WHO TETAPKAN FLU BABI SEBAGAI PANDEMI

Geneva – Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan virus flu Babi sebagai pandemi. Ini adalah yang pertama kalinya sejak abad 21. Badan yang berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) ini juga menetapkan fase virus flu babi sampai pada level 6.

“Ini sangat penting dan menantang bagi kita semua. Hal ini penting karena kami akan menaikkan tingkat ke level 6,” ujar Direktur Jenderal WHO Dr Margaret Chan yang dikutip dari reuters, Jumat (12/6/2009).

Meskipun akan dinaikkan ke level 6, Chan membantah jika naiknya level ini dikarenakan dengan semakin meningkatnya jumlah kematian akibat dari flu babi.

“Pindah ke enam tahap pandemi, tidak berarti kita akan melihat adanya peningkatan jumlah kematian atau kasus yang sangat parah,” tegasnya.

“Cukup sebaliknya. Banyak orang yang memiliki penyakit ringan, mereka sembuh tanpa obat-obatan dalam beberapa kasus dan berita bagus,” sambungnya.

Dengan dinaikkannya level flu babi, WHO tetap menyarankan kepada ke-193 negara anggota untuk tidak menutup perbatasan atau memutus jalur perjalanan ke berbagai tempat, termasuk jalur barang dan jasa. (fiq/mok)

sumber: www.detiknews.com

Comments are closed.